Ice Cream Rujak GOBET NEWYOG

Minggu, 01 Mei 2011

Contoh Laporan PKL / PSG

LAPORAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI

 

DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN PESERTA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011












NAMA                                            NIS                             KELAS

ADI MULYONO                         10080453                  XII OTOMOTIF 1






SMK BINA PENDIDIKAN 3

Jl.Raya Ciangsana kav. 45-47 Cikeas Parung
Gunung Putri Kab.Bogor
Jawa Barat

============================================

LEMBAR PENGESAHAN BENGKEL




Karya tulis ini diperiksa dan disahkan oleh :
Pihak bengkel sebagai bukti hasil Praktek Industri



Di

Bengkel PADI AUTOCARE-CAR CENTER




Mengetahui








Pembimbing                                                      Kepala Bengkel




    (  Dadi  )                                                       ( San Purnomo )


 

-i-

============================================================

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH







Karya tulis ini diperiksa dan disahkan oleh :
Pihak sekolah sebagai bukti hasil Praktek Industri




Di




SMK BINA PENDIDIKAN 3








Guru Pembimbing                                      Kepala Sekolah








( Peter smith,ST )                          ( Bambang cahyadi M.BA )





-ii-

===========================================================
DAFTAR ISI


Lembar Pengesahan Bengkel………………………………………….........................i
Lembar Pengesahan Sekolah…………………………………………........................ii
Daftar Isi……………………………………………………….…….....................…iii
Kata Pengantar……………………………………………………........................…iv
BAB I PENDAHULUAN
A.   Sejarah Bengkel PADI AUTOCARE-CAR CENTER……......................1
B.   Maksud dan Tujuan Praktek Industri…………………….........................1
C.   Tujuan Pembuatan Laporan…………………………...............................3
D.   Sistematika Penyusunan………………………........................................4
E.    Struktur Organisasi Bengkel………………………..................................5

BAB II ORIENTASI
A.   Komponen Unit Kopling
1.      Melepas unit kopling…………………………………..........……6
2.      Pemerisaan dan perbaikan bagian-bagian kopling…………......6 - 7
3.      Pemasangan bagian kopling…………………………………...8 - 9
B.   Komponen Rem Belakang
1. Pelepasan rem belakang………………...……………..................…10
1.   Pemeriksaan dan perbaikan komponen rem belakang……........11 - 12
3. Perakitan rem belakang……………………………………..............13

BAB III JURNAL PRAKTEK KERJA INDUSTRI
A.Biodata Siswa……………………………………………..................................….14
B.Jurnal Kegiatan……………………………………….........................15 - 25
C.Absensi Kehadiran…………………………….......................................…27

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
A.Kesimpulan……………………………………....................................................…28
B.Saran-saran…………………………………………..................................29


-iii-

======================================================= 
KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang mana telah mamberikan nikmat dan hidayahnya,sehingga Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini dapat diselesaikan dengan baik.
Dalam penyusunan ini sebagai bukti telah menyelesaikan praktek di perusahaan atau bengkel sebagai salah satu syarat mengikuti UAN atau UAS tahun ajaran 2010/2011 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Pendidikan 3 Ciangsana Gunung Putri Kabupaten Bogor.
            Didasari bahwa dalam menyusun laporan ini lebih dari kesempurnaan maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat ;
1.      Bapak Ir.Hery Budiman,MM.MSI. selaku Kepala sekolah Bina Pendidikan 3
2.      Bapak Sajum Satisna,ST. selaku Wakil Kepala Sekolah dan selaku pembimbing PSG
3.      Ibu Suryati,ST.selaku Wali Kelas XI otomotif 1
4.      Seluruh Bapak/Ibu Guru SMK Bina Pendidikan 3
5.      Bapak Edi Purnomo selaku Kepala Bengkel Padi Autocare-car center
6.      Seluruh Karyawan yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan PSG hingga selesai
7.      Pada Orang tua yang telah memberi motivasi baik secara materil maupun spiritual
  Dengan selesainya laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini,mudah-mudahan dalam buku laporan ini kiranya bermanfaat. Kritik dan saran sifatnya membangun sangat diperlukan penulis.


Bogor,April 2010

Penyusun

-iv-
=========================================================================
BAB I
PENDAHULUAN

A.    SEJARAH BENGKEL PADI AUTOCARE-CAR CENTER
 Bengkel PADI AUTOCARE-CAR CENTER dibangun pada tanggal 2 Agustus 2005 dan selesai pada 12 Mei 2006. Dan pada tanggal 13 Mei 2006  resmi dibuka untuk umum.Bengkel ini bergerak dalam jasa perbaikan dan perawatan mobil.Sampai saat ini seluruh karyawan berjumlah  19 orang dalam beberapa divisi.

B.     MAKSUD DAN TUJUAN PRAKTEK INDUSTRI
Perwujudan kebijakan Depdikbid tentang Ling and Match pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah penyelenggara pendidikan dimana mulai dari proses perencanaan,pelaksanaan atau proses belajar sampai pemasaran tamatan menjadi tanggung jawab bersama antara SMK dan institusi pasangannya.
            Pada dasarnya penyelengara,pendidikan dengan pola sistem Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah penyelenggara pendidikan yang berdasarkan kurikulum yang disusun atas perpaduan program pendidikan disekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh dari kegiatan bekerja langsung ini, produksi dunia usaha/industri secara terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian disepakati oleh kedua belah pihak.
            Pendidikan Sistem Ganda ini adalah merupakan suatu penjabaran Undang-undang No.29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah, dan pendidikan Nasional,serta Mendepdikbud No.090 / U/ 1990 tentang SMK.



1
=========================================================================


1.      Menghasilkan tenaga yang memiliki keahlian profesional,etos kerja dan, pengetahuan serta keterampilan yang sesuai tuntutan kerja.
2.      Memperoleh Ling and Match antar sekolah dan dunia kerja.
3.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja,sebagai bagian dari proses pendidikan.
            Dalam praktek kerja industri ini,penulis juga mempunyai tujuan yang memang harus dilaksanakan oleh orang yang ingin mendapat kemajuan,tujuan ini diantaranya ingin memperluas pengetahuan dalam hal-hal yang belum dimiliki atau diketahui.
            Selain itu penulis juga mempunyi tugas pokok yaitu melaksanakan praktek industri untuk pembuatan laporan yang berbentuk karya tulis.Penyusunan karya tulis ini mempunyai maksud dan tujuan tertentu yang menjadi maksud dan tujuan karya tulis ini yaitu :
1.      Untuk memenuhi salah satu sysrat agar dapat mengikuti evaluasi tahap akhir tahu ajaran 2010/2011.
2.      Sebagai alat pembanding antara teori yang didapat di sekolah dengan praktek dilapangan.
3.      Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman penulis yang dapat dijadikan bekal apabila akan bekerja di kemudian hari.
4.      Siswa dilatih untuk belajar disiplin dalam bkerja seperti karyawan.
5.      Dibina agar penulis mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap empat tujuan diatas.
6.      Dilatih bertanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diberikan.
7.      Agar karya ttulis ini bermanfaat bagi generasi penerus sehingga mereka lebih leluasa dalam pembuatan laporan yang akan mereka hadapi nanti.

2
=========================================================================
            Dengan adanya kegiatan Praktek Industri ini diharapkan nantinya dapat berproduktif dalam meleksanakan tugasnya ditempat bekerja kelak.Laporan ini juga dapat berguna bagi semua yang sedang melakukan usaha.

C.    TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN

            Setiap selesai melaksanakan PKL diperusahaan atau industri,maka siswa diwajibkan membuat laporan.Dimana isi laporan merupakan data-data yang diperoleh penulis selama PKL,yaitu segala yang didapat diperusahaan terutama mengenai bidang yang ditekuni penulis.
            Dalam penulisan ini,penulis juga mempunyai tujuan :
1.Untuk memenuhi kurikulum yang ada pada saat ini.
2.Untuk mendapat pengetahuan agar dapat dibandingkan antara teori dan praktek.
3.Untuk salah satu persyaratan untuk mengikuti UAN / UAS Tahun pelajaran 2010/2011.
4.Sebagai bukti bener-benar melaksanakan PKL.
5.Belajar mengemukakan pendapat dalam bentuk tulisan.





3
=========================================================================

D. SISTEMATIKA PENYUSUNAN

            Sistematika penyusunan laporan ini terdiri dari :
1.Lembar Pengesahan Bengkel
2.Lembar Pengesahan Sekolah
3.Kata Pengatar
4.Pendahuluan
a.Sejarah Bengkel Padi Autocare-car center
b.Maksud dan Tujuan Praktek Industri
c.Tujuan Penulisan Laporan
d.Sistematika Penyusunan
e.Struktur Organisasi
5.Biodata Siswa
6.Orientasi Atau Pengenalan Proses Perhitungan Kerja
7.Kegiatan Kerja
a.Jurnal Kegiatan
b.Daftar Nilai
8.Penutup
a.Kesimpulan
b.Saran



4

===========================================================
BAB II
ORIENTASI


v KOPLING

A.   MELEPAS UNIT KOPLING

1.      LEPASKAN TRANMISI DARI MESIN
2.      MELEPAS PENUTUP KOPLING DAN KOPLING
-          Berikan tanda-tanda pada penutup kopling dan pada roda gaya.
-          Kendorkan baut-baut sekali putar secara merata sedemikian rupa sehingga pegas penegang menjadi bebas
-          Lepaskan baut-baut pengikat,kemudian penutup kopling dan koplingnya

3.      LEPAS BANTALAN PEMBEBAS DENGAN HUB,GARPU DAN KARET PELINDUNG DEBU DARI TRANMISI
-          Lepas klip dan lepas bantalan pembebas dengan hub
-          (tipe kontrol kabel) lepas pegas penegang
-          lepas garpu dari karet pelindung

B.   PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN BAGIAN-BAGIAN KOPLING

1.      PERIKSA PLAT KOPLING DARI KEAUSAN ATAU KERUSAKAN
-          Menggunakan jangka sorong.Ukurlah kedalaman kepala paku keling.Kedalaman paku keling : 0,3 mm (0,012 in). Bila ada kelainan gantilah plat kopling.



6
 =========================================================================

2.      PERIKSA KEOLENGAN PLAT KOPLING
-          Menggunakan dial gauge,ukurlah keolengan plat kopling,keolengan maximum : 0,8 mm (0,031 in). Bila keolengan berlebihan,gantilah plat kopling.
3.      PERIKSA KEOLENGAN RODA GAYA (FLY WHEEL)
-          Menggunakan dial gauge,ukurlah keolengan roda gaya.Keolengan maximum : 0,1 mm (0,004)

4.      PERIKSA BANTALAN PILOT
-          Putar bantalan dengan tangan,sambil sambil memberikan tekanan aksial.Bila bantalan macet atau terasa berat,ganti bantalan pilot.

5.      BILA PERLU GANTI BANTALAN PILOT
-          Menggunakan SST,lepas bantalan pilot. SST : 09303 – 35011
-          Menggunakan SST dan palu,pasang bantalan pilot yang baru. SST : 09304 – 12012

6.      PERIKSA PEGAS DIAPRAGMA DARI KEAUSAN
-          Menggunakan jangka sorong,ukur kedalaman dan lebar keausan pegas diapragma.
Limit : Kedalaman    : 0,6 mm (0,024 in)
Lebar             : 5,0 mm (0,197 in)
Bila perlu ganti rakitan tutup kopling (Clucth cover).

7.      PERIKSA BANTALAN PEMBEBAS



7
=========================================================================
       


- Putar bantalan dengan tangan sambil memberikan tekanan aksial.bila bantalan macet atau terasa berat ganti bantalan pembebas.

8.         BILA PERLU GANTI BANTALAN PEMBEBAS
-          Menggunakan SST dan hidraulik press,lepas bantalan pembebas dari hub. SST : 09315 – 00010
-          Menggunakan SST dan hidrulik press,pasang bantalan pembebas yang baru pada hub. SST : 09315 – 00021
-          Setelah pemasangan bantalan,diperiksa kembali bahwa tidak ada kemacetan bila diputar sambil di beri tekanan.

C.   PEMASANGAN UNIT KOPLING


1.      PASANG PLAT KOPLING PADA RODA GAYA
-          Menggunakan SSt, pasang plat kopling pada roda gaya. SST : 09031 – 20020

2.      PASANG TUTUP KOPLING
-          Tepatkan tanda pada tutup kopling dan roda gaya
-          Kencangkan baut pengikat dengan rata dalam beberapa tahap,sampai tutup kopling terduduk dengan baik. Momen : 195 kg-cm (14 ft – 1b, 19 N.m)

3.      PERIKSA KERATAAN UJUNG PEGAS DIAPRAGMASS

-          Menggunakan SST, ukur kerataan ujung pegas diapragma. SST : 09302 – 30031


8
 ========================================================================

4.      BILA PERLU SETEL PEGAS
-          Menggunakan SSt, bengkokkan pegas sampai kerataannya benar. SST : 09333 – 00012

5.      OLESKAN GEMUK MOLYBDENUM DISUPHIDE LITHIUM BASE (NLGI NO.2) ATAU GEMUK MP.
-          Oleskan molibdenum disulphide lithium base pada bagian-bagian berikut
·      Titik persinggungan garpu pembebas dan batang pendorong
·      Titik tumpu garpu pembebas
·      Titik persinggungan garpu pembebas dan hub
·      Alur plat kopling
·      Alur pada bagian dalam hub bantalan pembebas
-          Oleskan gemuk MP pada bagian depan bantalan pembebas.

6.      PASANG KARET PELINDUNG DEBU, GARPU DAN BANTALAN PEMBEBAS DENG HUB PADA TRANSMISI
-          Pasang karet pelindung debu dan garpu pembebas
-          (Tipe Kontrol Kabel) pasang pegas penegang
-          Pasang klip pengikat untuk mengamankan bantalan dengan hub pada transmisi

7.      PASANG TRANSMISI



9
=========================================================================
v REM BELAKANG

A.   PELEPASAN REM BELAKANG

1.      LEPAS RODA BELAKANG DAN TROMOL
-          Lepas penyumbat dari backing plat dan masukan obeng melalui lubang pada backing plat dan masukan obeng melalui lubang pada backing plat dan tekan tuas otomatis menjauhi baut penyetel.
-          Menggunaka SST atau obeng lain, kurangi tinggi pnyetel sepatu dengan memutar penyetel searah jarum jam. SST : 09704 – 30010.

2.      LEPAS SEPATU DEPAN
-          Menggunakan SST, lepas pegas pembalik. SST : 09703 _ 30010.
-          Menggunakan SST, lepas pegas penahan sepatu, dua mangkuk dan pen. SST : 09718 – 00010.
-          Lepas sepatu depan dan pegas angkur.

3.      LEPAS SEPATU BELAKANG
-          Menggunakan SST, lepas pegas penahan sepatu, dua mangkuk dan pen. SST : 09718 – 00010.
-          Lepas sepatu belakang bersama dengan penyetel.
-          Lepas kabel rem parkir dari tuas.




10
======================================================================

4.      LEPAS PENYETEL DARI SEPATU BELAKANG
-          Lepas pegas tuas penyetel.
-          Lepas penyetel.

5.      BILA PERLU LEPAS SILINDER RODA
-          Menggunakan SST, lepaas pipa rem. SST : 09751 – 36011.
-          Lepas dua baut pengikat silinder roda.

6.      BONGKAR SILINDER RODA
-          Gunakan kaleng untuk menampung minyak rem.
-          Lepas komponen berikut dari silinder roda.
·      Dua karet pelindung
·      Dua piston
·      Dua karet rem (piston cup)
·      Pegas

B.   PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN KOMPONEN REM BELAKANG

1.      PERIKSA KOMPONEM YANG DIBONGKAR
-          Periksa komponen yang dibongkar terhadap keausan, karat atau kerusakan.

2.      UKUR KETEBALAN PELAPIS SEPATU REM
-          Bila ketebalan pelapis sepatu kurang dari nilai minimum atau terlihat adanya tanda-tanda keausan yang tidak rata, gantilah sepatu rem.


11
======================================================================

·      Ketebalan maksimum  : 1,0 mm (0,039 in)
·      Ketebalan standar        : 5,0 mm (0,197 in)

3.      UKUR DIAMETER DALAM TROMOL
-          Bila tromol rem tergores atau aus, tromol rem dapat dibubut sampai pada batas dimeter maksimum.
·      Diameter dalam maksimum : 230,6 mm (9,079 in)
·      Diameter dalam standar        :228,6 mm (9,000 in)

4.      PERIKSA PERSINGGUNGAN PELAPIS SEPATU DAN TROMOL REM
-          Ganti sepatu rem atau bubutlah tromol rem bila perlu.

5.      PERIKSA SILINDER RODA TERHADAP KARAT ATAU KERUSAKAN

6.      PERIKSA BACKING PLAT TERHADAP KEAUSAN ATAU KERUSAKAN

7.      UKUR CELAH ANTARA SRPATU REM DAN TUAS
-          Menggunakan feller gauge, ukur celah.
Celah standar kurang dari 0,35 mm (0,0138 in)






12
 =========================================================================
         


- Bila celah diluar nilai spesifikasi, gantilah shim dengan ukuran yang tepat.

Ketebalan
mm (in)

0,2 (0,008)
0,3 (0,012)
0,4 (0,016)


0,5 (0,020)
0,6 (0,024)
0,7 (0,035)


8.      BILA PERLU GANTILAH SHIM
-          Lepas cincin-C dari sepatu belakang.
-          Pasang shim dengan ukuran yang benar.
-          Pasang tuas rem parkir dengan cincin-C baru.


C.   PERAKITAN REM BELAKANG

1.      BILA PERLU RAKIT DAN PSANG SILINDER RODA
-          Oleskan gemuk lithium soap base glycol pada karet rem (piston cup). Pasang pegas dua karet rem (piston cup) didalam silinder. Pastikan, bahwa flens karet rem (piston cup) menghadap kedalam.
-          Pasang dua piston. Oleskan gemuk lithium soap base glycol dan pasang dua karet pelindung (boot). Momen : 100 kg-cm (7ft-lb, 10 N.m)
-          Menggunakan SST, pasang pipa rem. SST : 09751 – 36011
Momen : 155 kg-cm (11 ft-lb, 15N.m)

2.      OLESKAN GEMUK PADA BACKING PLAT
-          Gunakan gemuk temperatur tinggi.

13
============================================================

BAB III
JURNAL PRAKTEK  KERJA INDUSTRI

A.          BIODATA SISWA

Nama                           : Adi Mulyono
NIS                              : 10080453
Kelas/Program             : XI Otomotif 1
Jenis Kelamin              : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Bekasi,4 September 1992
Agama                         : Islam
Alamat                         : Gg.Subur Rt.04 Rw.04 Kp.Bubulak , Desa Bojong Kulur , Bogor Jawabarat.










14
 ========================================================================
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


A.   Kesimpulan

Bahwa pada saat saya melakukan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) maka yang harus ditanamkan dalam diri tiap para siswa maupun siswi harus berani menjalankan dan menganggap bahwa diri kita bisa melakukannya sehingga ketika melaksanakan tidak ada rasa malu atau ragu-ragu,karna tidak bisa melaksanakannya.Sebab,bahwasanya setiap siswa maupun siswi yang melakukan PKL ini tidak semata-semata sebagai karyawan atau pegawai,akan tetapi sebagai asisten para pegawai tersebut.

Kemudian dari pada itu,kesimpulan sangat berguna untuk diri kita semua yang melakukan PKL sebelum terjun kedunia usaha,sehingga ketika masuk ke dalam dunia usaha tidak lagi heran atau aneh apa yang kita lakukan disana dengan kemampuan yang kita miliki,maka perusahaan itu akan menempatkan diri kita pada tempat yang sesuai dengan keahlian kita masing-masing ketika didalam lingkungan sekolah.


B. Saran

           Sebagaipenutup laporan ini,penulis menyarankan kepada semua pihak baik pada pihak Bengkel,Sekolah,maupun adik kelas kami.Adapun saran yang ingin penulis beriakn adalah sebagai berikut :

28
=========================================================================
1.      Kepada Bengkel Padi autocare-car center,agar pada tahun-tahun mendatang agar lebih meningkatkan lagi penerimaan siswa yang akan melakukan Praktek Lapangan dan meningkatkan lagi keselamatan kerja pekerja dibengkel.

2.      Kepada Sekolah Bina Pendidikan 3 Gunung Putri agar pada tahun mendatang pihak sekolah mamberikan penerangan dan penjelasan kepada siswa yang akan melakukan Praktek Kerja Lapngan (PKL) dan memperhatikan dalam hal pencarian tempat praktek siswa ,serta dalam pengertian laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan pihak sekolah memberikan bimbingan.








29
=========================================================================

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

tentang aku

Foto Saya
Bekasi, Jawabarat, Indonesia
Carilah ilmu walaupun ilmu itu antara Langit dan Bumi..

villa nusa indah 1 satelite


Lihat Peta Lebih Besar24057,0.038581&t=h&z=15

sahabat-ku

Koleksi Photo-ku Slideshow: Adi’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

aku dan sahabat

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

lihat semua album

http://s1106.photobucket.com/albums/h380/adimulyono/